4 Pijakan Untuk Forum Paud Sebagai Sumber Belajar

 Kurikulum PAUD ialah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan 4 PIJAKAN UNTUK LEMBAGA PAUD SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Bunda Pendidik PAUD--Sekalian, Kurikulum PAUD ialah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, proses, materi dan alat, serta evaluasi yang dipakai sebagai pedoman dalam penyelenggaraan acara pembelajaran untuk mencapai tujuan PAUD. Kurikulum PAUD Sendiri terdiri dalam tiga tingkatan, mikro meso, dan makro, Kurikulum PAUD tingkat mikro merupakan penerapan di lapangan, atau ketika proses pembelajaran berlangsung. Kurikulum tingkat meso, ialah kurikulum tingkat forum (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP), Sedangkan tingkat makro, merupakan kurikulum tingkat nasional.

Penerapan kurikulum PAUD mengacu pada empat standa PAUD, yakni; standar tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP), Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SPTP), Standar isi, Proses dan Penilaian (SIPP), dan Standar Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Dan Pembiayaan (S2P3).
 
Ada 4 empat pijakan yang harus dijadikan acuan dalam mengakibatkan PAUD sebagai sumber belajar, yaitu;
  1. Mendukung mewujudkan aktualisasi potensi AUD sebagaimana yang dinyatakan dalam standar PAUD (STPP: LPA, Dominan, TPP),
  2. Mendukung kesiapan anak mengikuti pendidikan lebih lanjut (shool readiness),
  3. Memiliki kesesuaian dengan karakteristik AUD Indonesia (DAP anak Indonesia), dan
  4. Materi Esensial yang bermakna dan fungsional untuk anak, TFP (Terms, Facts and Principles).

Demikian bunda, perihal 4 pijakan untuk mengakibatkan forum PAUD sebagai sumber belajar, biar bermanfaat. terimakasih.


Sumber : Resume Materi Diklat workshop Peningkatan Kapasitas HIMPAUDI Se-Indonesia 2014.

0 Response to "4 Pijakan Untuk Forum Paud Sebagai Sumber Belajar"

Posting Komentar