Inilah Tugas Pengampu, Mentor Dan Penerima Dalam Moda Daring Kombinasi Gpo

PAUD-Anakbermainbelajar---Bunda dalam postingan kali ini sesudah kemarin kita membahas perihal apa itu Moda daring, kembali kita akan mencoba menjawab banyak pertanyaan dari para bunda-guru pendidik TK-PAUD, khususnya calon akseptor aktivitas GPO (Guru Pembelajar Online) Tentang apa sih moda daring Kombinasi? dan apa kiprah pengampu, mentor dan akseptor dalam aktivitas GPO ini?

Berikut penjelasannya :

Moda Daring Kombinasi atau yang terkenal disebagian orang disingkat "DARKOM", pada moda ini akseptor melaksanakan interaksi berguru secara daring dan tatap muka. Interaksi berguru daring dilakukan secara berdikari dengan memanfaatkan teknologi gosip dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan sanggup dilakukan kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan akseptor lainnya di sentra berguru (PB) yang telah ditetapkan  dan difasilitasi oleh seorang mentor. Interaksi pada daring kombinasi sanggup dilihat pada Gambar berikut.
Gambar. Model pembimbingan Guru Pembelajar moda daring kombinasi
 
  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu memfasilitasi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring. 
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan akseptor secara daring dan luring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan akseptor secara daring.
  • Pertemuan tatap muka dilaksanakan sesuai agenda yang disepakati bersama antara akseptor dan mentor. Struktur agenda pertemuan antara akseptor dan mentor di PB

PERAN PENGAMPU
Peran Pengampu pada Guru Pembelajar Moda daring Kombinasi
Peran tersebut secara rinci yakni sebagai berikut.
a. Peran pengampu terhadap Mentor
1) Berkomunikasi dengan mentor secara daring untuk memonitor pelaksanaan pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
2) Memfasilitasi proses berguru selama pembelajaran daring berlangsung
3) Mendampingi dan memberi semangat kepada mentor dalam proses pembimbingan pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
4) Memeriksa rekaman aktivitas mentor dengan memakai analytic tool, dan
5) Memberikan umpan balik terhadap laporan kemajuan akseptor yang dikirimkan oleh mentor.
b. Peran pengampu terhadap akseptor
1) Memonitor keaktifan akseptor dalam pembelajaran daring
2) Memfasilitasi proses berguru selama pembelajaran daring berlangsung
3) Menganalisis hasil rekaman aktivitas dan hasil evaluasi akseptor yang diserahkan kepada Koordinator Program Guru Pembelajar sebagai materi laporan bagi UPT.

PERAN MENTOR
Tugas utama mentor yakni melaksanakan pendampingan kepada akseptor di dalam pelaksanaan peningkatan kompetensi Guru Pembelajar moda daring. Peran mentor terhadap akseptor sanggup dijelaskan sebagai berikut.
a. Peran mentor pada Guru Pembelajar  moda daring kombinasi
1) Mendukung akseptor mengikuti aktivitas Guru Pembelajar moda daring
2) Mendampingi dan memfasilitasi akseptor dalam mengikuti pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
3) Memberikan semangat dan mengingatkan akseptor untuk menuntaskan kiprah secara daring
4) Memberi umpan balik terhadap lembar kerja yang diunggah peserta
5) Memeriksa rekaman aktivitas secara daring melalui activity completion
6) Menyampaikan laporan kemajuan akseptor kepada pengampu melalui portfolio “Laporan Hasil Kemajuan Peserta” secara terencana setiap simpulan minggu
7) Menjadi pengawas ujian tes simpulan di TUK bersama direktur TUK.
  
b. Peran mentor pada Guru Pembelajar moda daring kombinasi
1) Mendukung akseptor mengikuti aktivitas Guru Pembelajar moda daring
2) Mendampingi akseptor dalam mengikuti pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
3) Memfasilitasi akseptor secara tatap muka pada pembelajaran Guru Pembelajar moda daring di Pusat Belajar
4) Memberikan semangat dan mengingatkan akseptor untuk menuntaskan kiprah secara daring maupun luring
5) Memberi umpan balik terhadap lembar kerja yang diunggah peserta
6) Memeriksa rekaman aktivitas secara daring melalui activity completion
7) Menyampaikan laporan kemajuan akseptor kepada pengampu secara terencana setiap simpulan minggu
8) Menjadi pengawas ujian tes simpulan di TUK bersama direktur TUK.

PERAN PESERTA
Peserta dalam Guru Pembelajar moda daring harus berperan aktif dalam seluruh proses pembelajaran daring, antara lain:
a. Melaksanakan proses pembelajaran secara aktif dan berkomitmen tinggi
b. Melaksanakan pembelajaran secara kolaboratif
c. Berbagi pengalaman kepada akseptor lain
d. Memberikan umpan balik yang konstruktif
e. Mencari balasan terhadap permasalahan melalui banyak sekali sumber antara lain melalui internet, buku, dan lain-lain
f. Mengungkapkan permasalahan terkait pembelajaran yang dihadapi
g. Menyelesaikan kiprah sesuai dengan materi pembelajaran
h. Mengunggah seluruh lembar kerja ke dalam portofolio elektronik (e-portofolio).

Berikut yakni alur aktivitas pengampu pada Guru Pembelajar moda daring/daring kombinasi:

Alur aktivitas pengampu pada Guru Pembelajar moda daring/daring kombinasi

Demikian mengenai moda Daring kombinasi 'Darkom' dan peranya para pengampu, mentor dan peserta, biar bermanfaat. Selamat belajar.


SUMBER : Kemendikbud P4TK dan PLB Bandung.

0 Response to "Inilah Tugas Pengampu, Mentor Dan Penerima Dalam Moda Daring Kombinasi Gpo"

Posting Komentar