Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini - Paud Inklusi

 Direktorat pelatihan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Inf MENGENAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - PAUD INKLUSI
Bunda--sekalian-- Direktorat pelatihan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, telah mengembangkan jadwal dan aktivitas Khusus ibarat Bantuan untuk Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. Bantuan untuk PAUD inklusi ini bertujuan untuk meningkatkan jalan masuk layanan PAUD bagi bawah umur berkebutuhan khusus. Ini dibutuhkan juga sanggup mendorong lembaga PAUD untuk siap menunjukkan layanan pendidikan yang layak bagi semua anak, termasuk anak yang berkebutuhan khusus.

Sasaran jadwal ini yaitu forum PAUD yang melayani bawah umur luar biasa baik dalam jadwal PAUD Inklusi maupun Taman Kanak-kanak luar biasa yang mana lembaga-lembaga PAUD ini menjadi binaan Dinas Pendidikan Provinsi.

Apakah PAUD Inklusi itu ?

Inklusi atau inklusif berasal dari kata "Include" yang artinya ikut serta atau terlibat-melibatkan, inklusif yaitu lawan kata dari eksklusif. Eksklusif mempunyai makna tertutup sedangkan inklusif artinya terbuka, dari arti kata ini sanggup kita asumsikan bahwa PAUD Inklusi ini harus terbuka untuk anak usia dini siapa saja, baik anak dengan kondisi tumbuh kembang normal maupun anak berkebutuhan khusus. Baik anak dari tingkat ekonomi (kaya) atas maupun anak golongan tingkat bawah (miskin). Baik dari keluarga serasi maupun dari keluarga yang tidak bahagia. Semua anak sanggup bergabung dalam satu forum tanpa dibeda-bedakan dalam aktivitas Program PAUD ini.

Ada beberapa pengertian dan definisi dari para andal wacana pendidikan inklusi ini, pengertian yang terdekat dengan Pendidikan Anak Usia Dini dan Inklusi, ibarat di bawah ini :

Pendidikan Inklusi yaitu layanan pendidikan yang semaksimal mungkin mengakomodasi semua anak termasuk anak yang mempunyai kebutuhan khusus atau anak luar biasa di sekolah atau forum pendidikan (diutamakan yang terdekat dengan kawasan tinggal anak) bersama dengan teman-teman sebayanya dengan memperhatikan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki oleh anak.(Tim Pendidikan Inklusi Jawa Barat, 2003:4)

Pendapat lain menyampaikan Pendidikan Inklusi yaitu pendidikan yang menunjukkan layanan kepada setiap anak tanpa terkecuali. Pendidikan yang menunjukkan layanan terhadap semua anak tanpa memandang kondisi fisik, mental, intelektual, sosial, emosi, ekonomi, jenis kelamin, suku, budaya, kawasan tinggal, bahasa dan sebagainya. Semua anak berguru bersama-sama, baik di kelas/ sekolah formal maupun nonformal yang berada di kawasan tinggalnya yang diubahsuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anak. (Pendidikan yang Terbuka Bagi Semua, Djuang Sunanto, 2004:3)

Jadi Dapat disimpulkan bahwa pendidikan inklusi adalah:
  1. Pendidikan yang mengakomodasi semua anak tanpa memandang kondisi fisik, intelektual, emosional, sosial maupun kondisi lainnya.
  2. Pendidikan yang memungkinkan semua anak berguru gotong royong tanpa memandang perbedaan yang ada pada mereka.
  3. Pendidikan yang berupaya memenuhi kebutuhan anak sesuai dengan kemampuannya.
  4. Pendidikan yang sanggup mengembangkan kecerdasan emosional dengan berkembangnya rasa   tenggang rasa dan solidaritas.
  5. Pendidikan yang menunjukkan anak kesempatan berguru secara langsung, nyata, serta objektif mengenai banyak sekali karakteristik sahabat sebaya.
  6. Pendidikan yang memandang setiap individu anak yaitu unik dengan ciri karakteristik yang khas dan kemampuan yang berbeda-beda
  7. Pendidikan yang dilaksanakan tidak hanya di sekolah formal, tetapi juga di forum pendidikan dan kawasan lainnya.

Demikian bunda sekalian, sekilas wacana PAUD Inklusi supaya bermanfaat, jikalau ada materi dan isu lain wacana PAUD Inklusi mohon di share di sini ya untuk kita saling menyebarkan ilmu pengetahuan, demi suksesnya jadwal PAUD kita, di Indonesia.. terimakasih....Wassalam... http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/


0 Response to "Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini - Paud Inklusi"

Posting Komentar